Washington Post Tertipu Cerita Sarah Palin  

Oleh :
  • Font:
  • Ukuran Font: - +
  • Sarah Palin. AP/ Maeil Business News Paper, Lee Seung-hwan

    Sarah Palin. AP/ Maeil Business News Paper, Lee Seung-hwan

    TEMPO.CO, Washington - Washington Post salah melaporkan dengan menyebut bahwa Sarah Palin, kandidat wakil presiden Partai Republik yang baru saja keluar dari Fox News, telah berpindah ke jaringan Al-Jazeera untuk lebih dekat pada "jutaan orang alim di dunia". Tulisan itu muncul dalam kanal Politico, blog di Washington Post yang dikelola oleh blogger Suzi Parker,  mengutip Daily Currant sebagai sumbernya untuk kolomnya dengan judul "Sarah Palin Mencoba untuk Tetap Relevan."

    Parker bahkan melengkapinya dengan kutipan Palin yang ternyata juga palsu:  "Seperti yang Anda semua tahu, saya bukan penggemar besar dari surat kabar, wartawan, pembaca berita, dan media liberal pada umumnya," kata Palin. "Tapi aku bertemu dengan orang-orang di Al-JaJizzraa (salah eja, red) dan mereka mengatakan kepada saya mereka menjangkau jutaan orang taat beragama yang tidak menonton CBS atau CNN. Yang memberitahu saya bahwa mereka tidak memiliki bias liberal."

    Al-Jazeera baru-baru ini membuat berita ketika membeli jaringan televisi Current TV, yang sahamnya dimiliki sebagian oleh Al Gore. Jaringan berencana untuk meluncurkan Al-Jazeera Amerika akhir tahun ini, tapi tidak, seperti yang dikonfirmasi Politico, dengan Sarah Palin di dalamnya.

    Menyadari kekeliruannya, Washington Post kemudian memuat koreksi. "Versi awal dari posting ini salah melaporkan bahwa Sarah Palin telah menandatangani kontrak sebagai kontributor jaringan Al Jazeera Amerika. Blogger mengutip sebuah laporan di situs web Currant yang ternyata tak benar," tulis mereka.

    Washington Post menambah panjang daftar media papan atas yang menurunkan berita yang terbukti tak benar. Baru-baru ini, seorang penyiar radio di Minnesota menyiarkan berita, yang kemudian terbukti tak benar, bahwa pesawat tanpa awak terbang dalam formasi saat pelantikan Presiden Barack Obama. Sebelumnya, media Cina People's Daily Online menyebut pemimpin Korea Utara Kim Jong Un telah diberi gelar Sexiest Man Alive oleh sebuah majalah AS.

    Sarah Palin, yang mengetahui namanya dipelintir untuk berita palsu, menyatakan melalui akun Twitter-nya, "Hey @washingtonpost, aku minum kopi bersama Elvis minggu ini. Dia bekerja di Moose Mocha di Wasilla."

    AP | TRIP B


     

     

    Lihat Juga



    Selengkapnya
    Grafis

    Demo Revisi UU KPK Berujung Rusuh, Ada 1.365 Orang Ditangkap

    Demonstrasi di DPR soal Revisi UU KPK pada September 2019 dilakukan mahasiswa, buruh, dan pelajar. Dari 1.365 orang yang ditangkapi, 179 ditahan.